Lorem

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Ipsum

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dolor

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

Problematika Belajar Matematika Pada Materi Operasi Aljabar

Jumat, 10 Maret 2017



Operasi Aljabar merupakan materi dasar yang harus dikuasai oleh siswa, karena ada beberapa materi yang menyangkut materi operasi aljabar seperti SLDV (Sistem Linier Dua Variabel). Operasi aljabar ini memiliki beberapa kata kunci yang pelu diketahui dan diketahui perbedaan yaitu variabel, koefisien, dan konstanta. Variabel adalah lambang yang menggantikan suatu nilai yang belum jelas atau dapat juga disebut dengan peubah, biasanya dilambangkan dengan huruf kecil, seperti x, y, k, ….. . Koefisien adalah bilangan yang memuat variabel dari suku dalam bentuk aljabar. Konstanta adalah suku dari bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel. Ketiga kata tersebut harus dapat dibedakan oleh siswa dan terkadang ada saja siswa yang tidak mengetui pengertian dari ketiganya. Guru jarang sekali memberikan pengertian tentang istilah atau simbol-simbol. Biasanya guru akan langsung menunjukannya saja.
Operasi aljabar ini menyangkut pada pengenalan bentuk aljabar, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, perkalian bentuk aljabar, pembagian bentuk aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar. Operasi aljabar ini hanya dapat dioperasikan dengan sejenisnya, contoh : 
 Siswa banyak yang melakukan kesalahan pada saat mengoperasikan bentuk aljabar, ada saja siswa yang mengoperasikan bentuk aljabar yang variabelnya berbeda. Dalam pengoperasian bentuk ajabar dibutuhkan ketelitian siswa dalam melihat suku yang sejenis dan tanda pada setiap suku apakah positif atau negatif. Selain itu juga siswa harus mengetahui sifat yang berlaku dalam operasi penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar. Sifat-sifat tersebut mencakup :

Sifat Komutatif





Sifat Asosiatif






Sifat Distributif (perkalian terhadap penjumlahan)







Contoh:

       Dalam operasi aljabar, soal yang diberikan tidak selalu langsung bentuk aljabar tetapi ada juga operasi aljabar yang dibuat kedalam soal matematika yang membuat siswa harus berfikir lebih keras dalam menuliskan bentuk matematikanya. Siswa harus teliti dalam membaca soal dan menuliskannya kembali kedalam bentuk matematikanya. Ada beberapa siswa yang sangat kesulitan memahami kalimat dalam soal sehingga melakukan kesalahan dalam penulisan bentuk matematikanya.
Contoh :
Arman mempunyai 5 buah robot dan 8 buah mobil-mobilan. Jika Arman diberi 2 buah robot oleh ibu dan 3 mobil-mobilannya ia berikan kepada Arif, berapa sisa robot dan mobil Arman. Nyatakan dalam bentuk aljabar dan selesaikanlah!
Penyelesaian :
misal x untuk robot dan y untuk mobil-mobilan


0 komentar:

Posting Komentar

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.